16.25
0
Alkisah,ada sekelompok hewan landak yang sedang diselimuti oleh hawa dingin yang menusuk tulang. Kemudian,mereka saling mendeka untuk mendapatkan kehangatan. Akan tetapi,duri-duri yang ada pada tubuh mereka mengenai yang lainnya,sehingga mereka mereka merasa sakit. Akhirnya,mereka saling menjauh. Tentu,mereka harus menahan rasa dingin yang tiada tara.

Mereka dihadapkan pada dua pilihan;saling berdekatan namun harus merasakan sakit karena duri yang menusuk,atau saling menjauh namun merasakan dingin yang menyengat. Akhirnya,mereka menemukan solusi yang terbaik,yaitu saling mendekat namun tidak berdempetan.

Dengan solusi tersebut,kehangatan dan rasa aman dapat terwujud,sedangkan rasa sakit akibat duri bisa diminimalisir. Mereka saling mendekat,akan tetapi tidak berdempetan sehingga tidak menimbulkan rasa sakit. Saling menjauh,akan tetapi tidak menghilangkan rasa aman dan kenyamanan. Demikianlah seharusnya yang dilakukan oleh manusia di muka bumi ini.

MANUSIA SEPERTI HEWAN LANDAK. MEREKA DI KELILINGI SEMACAM DURI YANG TIDAK BISA DILIHAT OLEH MATA. ORANG YANG SALING MENYATU AKAN TERKENA DURI TANPA DISADARI DAN MEREKA AKAN MERASAKAN EFEKNYA TANPA DI KETAHUI.

Oleh karena itu,kita harus belajar dari hikmah yang terkandung pada hewan landak. Kita boleh mendekat dengan orang lain dengan kedekatan yang memberikan "take and give". Pada waktu yang sama,kita harus menjaga agar jangan sampai kedekatan itu menjadi terlalu dekat,sehingga duri mereka tidak mengenai kita.

Benar,kita membutuhkan teman akrab yang membuahkan kebahagiaan. Teman untuk saling berbagi rasa dan tempat curhat.

Tidak mengpa jika Anda memiliki banyak teman dekat,akan tetapi sebaiknya mereka harus membawa kebahagiaan untuk Anda. Dan kita harus waspada,jangan sampai hubungan paersahabatan kita dengan orang lain terlalu dekat. Karena hal ini akan menimbulkan kesedihan dan penderitaan. Dan pastinya,kita tidak membutuhkan hal ini.

Ingatlah selalu atas hikmah yang ada di balik hewan landak.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda.
Komentarlah yang sopan.
Komentar boleh berupa kritikan, saran, dan pertanyaan.


Terima kasih perhatiannya