20.12
0
Majelis Mutia
28/02/2017
@ Masjid Kampus UGM
Oleh : Habib Novel Alaydrus
Credit by : @desyprs

- SAMUDERA CINTA -

Kisah cinta Nabi Yusuf as.
Kalau dia cinta pasti dia akan menuruti siapa yg ia cintai.

Kenapa harus nabi Yusuf? Karena tdk ada satu surat yg menceritakan secara utuh kecuali kisah nabi yusuf. Misal kisah nabi Nuh, Ibrahim terpisah2 tdk di satu surat khusus.

Nabi Muhammad saw dikasih ganteng 100% serta diberi kewibawaan sehingga wanita2 takut dan menunduk saat melihat Rasulullah saw. Kalau nabi Yusuf hanya diberi keindahan(ganteng) tapi tidak diberi kewibawaan, maka wanita2 (Mesir) yg melihat nabi Yusuf sampai tidak sadar kalau mengiris tangannya.

Nabi Yusuf menjadi pembantu rumah tangga di rumah Zulaikha. Zulaikha yg tiap hari bertemu dg Yusuf. Zulaikha alaihassalam kemudian jatuh cinta kepada nabi Yusuf pada pandangan pertama. Hatinya langsung cinta.

Pengibaratan bahwa perempuan itu sudah cantik. Tidak wangi pun sudah menggoda. Maka hakikatnya perempuan itu memang sudah cantik tanpa harus dandan.

Kemudian di kamarnya, Zulaikha berpakaian sangat menggoda dengan dandanan yang sangat cantik. Kemudian ia memanggil Nabi Yusuf untuk masuk ke kamarnya. (Kondisi di dalam rumah hanya berdua tidak ada suami Zulaikha.)

Nabi yusuf as tidak tergoda dan kemudian lari. Nabi yusuf lari menghindari Zulaikha. Pintu rumah dibuka dan ditarik oleh Zulaikha. Kemudian suami Zulaikha datang.

Kemudian Zulaikha berbicara kepada suaminya : "Apa yg sebaiknya kita lakukan terhadap orang yg mau menodai kesucian istrimu???"

Kemudian hal tersebut dibuktikan dengan baju yang dikenakan. Siapakah yang bajunya robek Zulaikha atau Yusuf?

Ternyata yg robek bajunya adalah nabi Yusuf as. Zulaikha memutar balikkan fakta. Karena sudah sangat cinta dg Yusuf. Kemudian sang suami Zulaikha yg juga sangat mencintai Zulaikha tidak marah kepadanya. Karena sesungguhnya cinta itu mampu memaafkan dan mampu menyembuhkan.

Suami Zulaikha hanya berbicara:
1. Berterima Kasih kepada Yusuf karena telah menjaga kesucian dari Zulaikha
2. Kemudian meminta Zulaikha memohon ampun kepada Allah.

Zulaikha pun banyak digosipkan oleh para tetangganya.

Zulaikha kemudian ingin membuktikan oleh para tetangganya bahwa walaupun dia bersalah tapi dia tidak ingin disalahkan.

Nabi Yusuf pun dipenjara, selang beberapa waktu kemudian dibebaskan. Dan suaminya Zulaikha meninggal. Dan nabi Yusuf jadi menteri kemudian keliling negara2 membawa rombongan hingga 70.000 orang.

Suatu hari Zulaikha sudah tua, kemudian Zulaikha memanggil2 Yusuf dari kejauhan tetapi ia tidak mendengarnya. Sampai Zulaikha pun bertemu kembali dengan Yusuf dan rombongannya dan berteriak2 memanggil Yusuf, Yusuf... dan Yusuf mendengarnya (diperdengarkan oleh Allah).

Maka sesungguhnya kesalahan yg dilakukan Zulaikha dulu kepada Yusuf itu tidak menghapus balas budi Yusuf yg sedari kecil telah diasuh Zulaikha.

Kemudian Zulaikha pun ke istana untuk bertemu Yusuf.

Permintaan Zulaikha untuk Yusuf:
Zulaikha mengingkan Yusuf menikahinya. Karena Zulaikha bersungguh-sungguh sangat mencintai Yusuf sedari dulu.

Maka sesungguhnya Cinta itu mencintai dzatnya, bukan sifatnya. Dan itu terdapat pada para sahabat kepada Rasulullah, orangtua dengan anak, dsb. Dan ingatlah bahwa perbuatan (kesalahan) jangan sampai merubah Cinta.

Konsep Cinta itu ada 2:
1. Cinta karena
2. Cinta walaupun.
Kebanyakan orang cinta karena disayang, diberi, diperhatikan dan di ingat-ingat. Makanya kalau karena nya hilang maka cintanya pun hilang.

Cinta dalam islam adalah cinta walaupun . Maka itulah yang disebut Samudera Cinta.

Allah SWT cinta kepada hambanya adalah cinta walaupun . Walau dia tidak iman, Allah akan membela ciptaanNya. CintaNya Allah kepada hambanya adalah walaupun  sekalipun dia non islam.

Ibarat seorang ibu yang memiliki anak yang sangat nakal. Kemudian dicemooh oleh tetangga2nya. Sang Ibu pasti akan membela anaknya walaupun anaknya sangat nakal.

Di dalam lafad bismillahirrahmanirrahim:
Arrahman itu adalah Allah SWT mencintai orang yg muslim dan non muslim, ahli maksiat atau ahli beribadah. Allah SWT cinta kepada semua hambanya. Maka aib nya ditutup oleh Allah SWT. Dipersilakan menikmati isi dunia. Tapi sayangnya dan cintanya Allah SWT tersebut semua itu hanya untuk sementara (di dunia).

Arrahiim Allah SWT punya sayang yg khusus. Special love . Cinta yg istimewa. Yaitu untuk hambaNya yg beriman kpd Allah. SayangNya dan cintaNya bukan hanya dunia tapi juga di akhirat.

Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda.
Komentarlah yang sopan.
Komentar boleh berupa kritikan, saran, dan pertanyaan.


Terima kasih perhatiannya